Penyuluhan Obat dan Pemeriksaan Tekanan Darah di Kelurahan Bontomarannu Kabupaten Gowa

Authors

  • Asrul Apris Universitas Megarezky
  • Marlina Universitas Megarezky
  • Rochfika Universitas Megarezky
  • Andre Tandapai Universitas Megarezky
  • Apriyani Bawan Universitas Megarezky
  • Astri Yani M. Gora Universitas Megarezky

Keywords:

Hipertensi, Pengetahuan, Tekanan darah

Abstract

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah seseorang berada di atas batas normal atau optimal yaitu 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik. Penyakit ini dikategorikan sebagai the silent disease karena penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Hipertensi yang terjadi dalam jangka waktu lama, dan bias memicu stroke, serangan jantung, gagal jantung dan merupakan penyebab utama gagal ginjal kronik. Penyuluhan bertujuan dalam mencapai perubahan perilaku Individu, keluarga, dan masyarakat dalam membina dan memelihara Perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi terkait perilaku gaya hidup di dalam masyarakat, seperti kebiasaan makan berlebihan, terlalu banyak aktivitas, banyak merokok, dan kurang istirahat yang menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah banyak menyerang kesehatan manusia terutama pada penduduk usia yang lebih dari 40 tahun. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terlaksananya kegiatan dengan lancar dan baik serta antusiasme masyarakat saat mendengarkan penjelasan kemudian mengajukan pertanyaan. Kesimpulan pengabdian ini yaitu terdapat peningkatan pengetahuan yang disebabkan karena penerimaan terhadap materi yang diberikan sangat baik.

References

Andria. (2020). Hubungan antara perilaku olahraga, stres dan pola makan dengan tingkat hipertensi usia lanjut Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo .

Anggara, & Prayitno. (2017). Faktor faktor yang berhubungan dengan tekanan darah di Puskesmas telaga murni Cikarang. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Harwandy. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di Puskesmas Sleman.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018).

Muhammadun. 2010. Hidup Bersama Hipertensi. Yogjakarta: In Books. Nugroho Wahyudi. 2008. Gerontik & Geriatrik. Bandung: EGC

Naelal, Rohita, & Milah. (2020). Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas Pamarican Ciamis.

Vitahealth. 2004. Hipertensi (Informasi Lengkap untuk Keluarga dan Penderitanya). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yulanda, G., dan Lisiswanti, R. (2017). Penatalaksanaan Hipertensi Primer. Jurnal

Majority, 6(1), 28-33.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Apris, A., Marlina, Rochfika, Tandapai, A. ., Bawan, A. ., & Gora, A. Y. M. . (2022). Penyuluhan Obat dan Pemeriksaan Tekanan Darah di Kelurahan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 39–43. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/34