Pemberdayaan Kader dan Sosialisasi Perilaku ‘’CERDIK’’ Melalui Edukasi Berbasis Media Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Agung Sutriyawan Universitas Bhakti Kencana
  • Madinatul Munawaroh Universitas Bhakti Kencana
  • Anri Universitas Bhakti Kencana
  • Nadia Ushfuri Amini Universitas Bhakti Kencana
  • Nita Selifiana Universitas Bhakti Kencana
  • Imam Abidin Universitas Bhakti Kencana

Keywords:

Penyakit tidak menular, CERDIK, Pengetahuan, Kader, Pendidikan kesehatan

Abstract

Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi penyebab utama kematian di dunia. Indonesia saat ini menghadapi Pandemi Covid-19. Pasien dengan komobid seperti hipertensi, diabetes melitus, jantung, stroke relative mengalami gejala yang lebih berat. Selain itu pasien dengan komorbid meningkatkan risiko mortalitas pada pasien Covid-19. Salah satu kebijakan dalam pengendalian PTM yang efisien dan efektif adalah pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat. Metode yang digunakan adalah Ceramah dan Tanya Jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi terkait Prilaku Cerdik. Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah kader posbindu dan lansia yaitu sebanyak 19 orang. Hasil  edukasi berbasis media menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang dikategrikan baik dari 63,16% menjadi 68,42% yang memiliki pengetahuan baik tentang pencegahan PTM melalui perilaku CERDIK. Terdapat peningkatan pengetahuan pengetahuan yang disebabkan  karena  penerimaan  terhadap materi yang diberikan sangat baik.

References

Alkautsar, A., 2021. Hubungan Penyakit Komorbid Dengan Tingkat Keparahan Pasien Covid-19. Jurnal Medika Hutama 3, 1488–1494.

Hamzah, B., Akbar, H., Sarman, S., 2021. Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi Cerdik Pada Masyarakat Desa Moyag Kotamobagu. Abdimas Universal 3, 83–87.

Indarjo, S., Hermawati, B., Nugraha, E., 2019. Upaya Pelatihan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (posbindu ptm) pada Kader Posyandu Di Desa Kalikayen, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang. Jurnal Abdimas 23, 134–138.

Kementerian Kesehatan RI, n.d. GERMAS Wujudkan Indonesia Sehat [WWW Document]. Kementrian Kesehatan RI. URL https://www.kemkes.go.id/article/view/16111500002/germas-wujudkan-indonesia-sehat.html (accessed 12.15.21).

Organization, W.H., 2018. Noncommunicable diseases country profiles 2018.

Pranandari, L.L., Arso, S.P., Fatmasari, E.Y., 2017. Analisis implementasi program pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (posbindu PTM) di Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 5, 76–84.

Sutriyawan, A., 2021. Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan: Dilengkapi Tuntunan Membuat Proposal Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutriyawan, A., 2019. Relationship Of Smoking Behavior With Hypertension Events In Neglasari Health Center Bandung City. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat 4, 97–104.

Sutriyawan, A., Apriyani, R., Miranda, T.G., 2021. The Relationship between Lifestyle and Hypertension Cases at UPT Cibiru Public Health Center Bandung City. Disease Prevention and Public Health Journal 15, 50–56.

Trisnowati, H., 2018. Pemberdayaan masyarakat untuk pencegahan faktor risiko penyakit tidak menular (studi pada pedesaan di Yogyakarta). Hasanuddin University.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Sutriyawan, A., Munawaroh, M., Anri, Amini, N. U., Selifiana, N., & Abidin, I. (2022). Pemberdayaan Kader dan Sosialisasi Perilaku ‘’CERDIK’’ Melalui Edukasi Berbasis Media Pasca Pandemi Covid-19. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 1–8. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/20