Promosi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak SDN Inpres 190 Bura’ne Desa Boddia, Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Tahun 2022

Authors

  • A. Muh. Faudzul Adziim Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar
  • Syamsuar Manyullei Departemen Kesehatan Lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat, FKM UNHAS, Makassar
  • Salsabila Tarisa Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar
  • Aziza Hamka Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar
  • Amalia Putri Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar
  • Rindiani B. Yunus Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar
  • Tahnia Wafiq Anugrah Yusuf Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNHAS, Makassar

Keywords:

PHBS, SDN Inpres 190 Bura’ne, Pengetahuan (Knowledge), Pre-Post Test

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di usia dini sangat baik untuk ditanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sebagai upaya menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Pada usia 6-12 tahun, PHBS dilakukan tidak hanya di lingkungan rumah tetapi juga di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan mengetahui tingkat pengetahuan anak SDN Inpres 190 Bura’ne terkait PBHS pada kegiatan sehari-hari. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 30 orang dari kelas IV-VI. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan yang dilakukan dalam bentuk metode ceramah dengan pendekatan sasaran dan diselingi dengan bina suasana. Metode ini dapat membuat adanya perubahan perilaku dan peningkatan pengetahuan siswa mengenai PHBS. Pada metode ini dapat terjadi proses perubahan perilaku ke arah yang diharapkan melalui peran aktif sasaran dan saling tukar pengalaman sesama sasaran (Notoatmodjo, 2010 dalam Nasution, & Harahap, 2020). Berdasarkan hasil pre-post test maka dilakukan analisis dan hasil uji Wicoxon pada hasil pre-post test ditemukan bahwa nilai signifikan p = 0,08 > 0,05 dengan nilai rata-rata 8.30 menjadi 8.77 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor pengetahuan responden sebelum penyuluhan  (pre-test) dengan sesudah penyuluhan (post-test). Terdapat 27 dari 30 responden telah terkategori baik saat pre-test dan meningkat menjadi 29 (96,7%) pada saat post-test. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang PHBS sebesar 6,7%. Melihat hasil-hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada siswa (i) kelas IV-VI SDN Inpres 190 Bura’ne tentang pentingnya selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

References

Amareta, D. I. & Ardianto, E. T., (2017). Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Emo Demo Efektif Meningkatkan Praktik CTPS di MI Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Prosiding.

Arifah, N., Anjalina, I., Febriana, A. I., Khairunnisa, E., Amir, N. P., Aprilisa, W, & Manyullei, S. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Anemia Pada Siswa di SMPN2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 176-182.

Kadiyono, A. L. & Harding, D., (2019). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Berwawasan Lingkungan Pada Siswa SD Desa Cipacing Dan Cilayung-Jatinangor. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 8 (4), 244-248.

Kemenkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Jakarta.

Manyullei, S., Saleh, L. M., Arsyi, N. I., Azzima, A. P., & Fadhilah, N. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan PHBS di Sekolah Dasar 82 Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 169-175.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP, 2 (2), 89-90.

Nasution, N. H., & Harahap, Y. W. 2020. Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dalam Rangkaian Kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 2 (1), 1-7.

Nugraheni, H., Widjanarko, B., & Cahyo, K. (2010). Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 5 (2), 109-110.

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., &Agustin, I. T. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah. Jurnal Abdimas Umtas, 1 (2), 46-47.

Patilaiya, H. L. & Rahman, H., (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2 (2), 251-258.

Romadonika, F. dkk. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas V 1 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Stikes Yarsi Mataram, 11 (2), 86-90.

Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Untuk Membangun Genersi Muda Yang Berkarakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3 (1), 8-10.

Yunizar, A. & Harahap, Yanna W. (2019). Pengaruh Penyuluhan PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Perilaku Siswa Kelas V di SDN 116240 Kampung dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten

Labuhan Batu Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 4 (2), 62-69.

Zuliyanti, Nurma I & Rachmawati, F.(2020). Pengaruh Penyuluhan Perilak Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Praktik Cuci Tangan 6 Langkah Siswa SDN 2 Pangenrejo Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, XI (1), 1-14.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Adziim, A. M. F. ., Manyullei, S., Tarisa, S. ., Hamka, A. ., Putri, A. ., Yunus, R. B. ., & Yusuf, T. W. A. . (2022). Promosi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak SDN Inpres 190 Bura’ne Desa Boddia, Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Tahun 2022. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 238–247. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/94

Most read articles by the same author(s)