Peningkatan Kepedulian Suami untuk Memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Isteri Saat Hamil dan Melahirkan di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah

Authors

  • Lalu Sulaiman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu, Lombok Tengah, NTB, Indonesia
  • Dita Retno Pratiwi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu, Lombok Tengah, NTB, Indonesia
  • Omiati Natalia Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu, Lombok Tengah, NTB, Indonesia

Keywords:

kepedulian suami, kesehatan, keselamatan isteri, hamil, melahirkan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada suami dalam rangka meningkatkan kepedulian suami pada isteri yang sedang hamil. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah sosialisasi dalam rangka meningkatkan kepedulian suami agar memperhatikan kesehatan dan keselamatan isteri saat hamil dan melahirkan di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Dalam pelaksanaan PKM kami memberikan materi tentang faktor sosial budaya yang berpengaruh pada kepedulian suami terhadap kehamilan isteri, kebutuhan fisik dan psikologi kehamilan, serta tanda bahaya kehamilan. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan suami tentang faktor sosial budaya yang berpengaruh pada kepedulian suami terhadap kehamilan isteri, kebutuhan fisik dan psikologi kehamilan, serta tanda bahaya kehamilan. Pengetahuan sebelum dilakukan sosialisasi, sasaran dengan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 30%, tingkat pengetahuan cukup sebanyak 45%  dan timgkat pengetahuan baik sebanyak 25%. Setelah dilakukan kegiatan sosialisasi terjadi peningkatan pengetahuan suami mengenai  faktor sosial budaya yang berpengaruh pada kepedulian suami terhadap kehamilan isteri, kebutuhan fisik dan psikologi kehamilan, serta tanda bahaya kehamilan. sasaran dengan tingkat pengetahuan baik sebesar 87,5% dan sasaran dengan tingkat pengetahuan cukup 12,5%.  Hal ini menunjukan bahwa kegiatan pengabdiaan berhasil.

References

Mariana, D. (2019). Respon Suami Terhadap Kehamilan Isteri. JOM FISIP, 6, 1–13.

Sulaiman,L. (2017). Adat Merarik Dalam Perspektif Kesehatan Maternal Pada Masyarakat Suku Sasak Di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Disertasi Thesis, Universitas Airlangga

Septiani R. (2013). Pengetahuan, Sikap Ibu Hamil Dan Dukungan Suami Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Kota Metro Lampung. Jurnal Kesehatan. Vol. IV, No: 2.

Kemenkes, R. I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 97 tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil. Masa Hamil, Persalinan, Dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, Serta Pelayanan Kesehatan Seksual.

Primasari, N. (2010). Pengetahuan Persepsi Ibu dan Dukungan Suami Terhadap Frekuensi Pelaksanaan ANC Pada Ibu Primigravida Di BPS Desa Sawoo Kecamatan Kutorejo Mojokerto. Hospital Majapahit, 2(2), 33–48

Melati, R., & Raudatussalamah, R. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Suami Dengan Motivasi Dalam Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan. Jurnal Psikologi, 8(2), 111- 118.

Hasanah I, Fitriyah N. (2018) Peran Suami dalam Perawatan Kehamilan Isteri di Kelurahan Mulyorejo. J Biometrika dan Kependudukan. 7(2):122.

Sudirman, Puspitawati H, Muflikhati I. Peran Suami dalam Menentukan Kesejahteraan Subjektif Isteri pada Saat Hamil dan Melahirkan. Vol. 12, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2019.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Sulaiman, L. ., Pratiwi, D. R. ., & Natalia, O. . (2022). Peningkatan Kepedulian Suami untuk Memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Isteri Saat Hamil dan Melahirkan di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 17–23. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/26