Edukasi Tentang Pemilihan Sampah Organik, Sampah Anorganik, dan Sampah Plastik di Desa Laguruda

Authors

  • Arif Anwar Departemen Biostatistik/KKB, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Syamsuar Manyullei Departemen Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Angga Dwi Andhana Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Fajriah Amanda Rahim Departemen Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Nadya Tri Wulandari Bahri Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Netha Christie Diany Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Nurul Aulyah Paisal Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Zahra Daulah Khairiyah Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar

Keywords:

Sampah, Lingkungan, Pengetahuan, Desa Laguruda

Abstract

Sampah pada dasarnya merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari suatu sumber hasil aktivitas manusia maupun proses-proses alam yang mempunyai nilai ekonomi tinggi jika dimanfaatkan dengan baik dan benar. Tetapi jika dibiarkan saja, maka sampah akan mempunyai nilai yang negatif karena dalam penanganan yang baik untuk membuang atau membersihkan memerlukan biaya yang cukup besar. oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai berbagai jenis sampah dan dampak pembuangan sampah secara sembarangan terhadap Kesehatan. Responden berjumlah 12 orang yang berasal dari 5 dusun berbeda. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa penyuluhan berdampak positif dan berhasil karena pengetahuan masyarakat yang rata-rata berada dalam kategori baik. Peserta penyuluhan yang tingkat pengetahuannya baik sebanyak 67%, sedangkan yang berpengetahuan sedang sebanyak 33%. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pendidikan kesehatan tentang Pengelolaan Sampah ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sehingga dapat terhindar dari penyakit.

References

Aini, L., Kep, M., Kom, S., Wuryaningsih, E. W., & Juliningrum, P. P. (2016). Pendidikan Kesehatan Tentang Pengelolaan Sampah Di Desa Sumberjambe Kec. Sumberjambe Kabupaten Jember http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73642.

Arifah, N., Anjalina, I., Febriana, A. I., Khairunnisa, E., Amir, N. P., Aprilisa, W., ... & Manyullei, S. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Anemia Pada Siswa di SMPN2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 176-182.

Astuti, R. K., & Sakitri, G. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Pengelolaan Sampah. Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(2), 69-78.

Harun, H. (2017). Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Dalam Proses Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Rw 06 Desa Hegarmanah. Dharmakarya, 6(2).

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76-82.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum, 4(1), 12-25.

Kasrudin, I., Agus, F., Kurniawan, W., Meilansyah, I., Aulia, D., & Tosepu, R. (2021). Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Kota Kendari Pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Keperawatan, 4(03), 19-28.

Manyullei, S., Saleh, L. M., Arsyi, N. I., Azzima, A. P., & Fadhilah, N. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan PHBS di Sekolah Dasar 82 Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 169-175.

Malina, A. C., Suhasman, S., Muchtar, A., & Sulfahri, S. (2017). Kajian Lingkungan Tempat Pemilahan Sampah Di Kota Makassar. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 14-27.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(2).

Nurhayati, N. (2014). Sinkronisasi Yuridis Peraturan Perundang-Undangan Di Bidang Lingkungan Hidup Dalam Bingkai Konstitusi Hijau (Green Constitution) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Doctoral dissertation, Sebelas Maret University).

Priatna, L., Hariadi, W., & Purwendah, E. K. (2020). Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel, Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Prosiding, 9(1).

Raharjo, A. S., & KM, S. I. S. (2014). Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan ketersediaan fasilitas di sekolah dalam penerapan PHBS membuang sampah pada tempatnya (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati). Unnes Journal of Public Health, 3(1).

Silfiana, L., & Samsuri, S. (2019). Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Gerakan Kewarganegaraan Ekologis untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Studi Pemuda, 8(2), 127-139.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Anwar, A. ., Manyullei, S., Andhana, A. D. ., Rahim, F. A. ., Bahri, N. T. W. ., Diany, N. C. ., Paisal, N. A. ., & Khairiyah, Z. D. . (2022). Edukasi Tentang Pemilihan Sampah Organik, Sampah Anorganik, dan Sampah Plastik di Desa Laguruda. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 256–263. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/96

Most read articles by the same author(s)