Pengenalan Jerami Padi Sebagai Sumber Bahan Organik di Kelurahan Beringin Raya

Authors

  • Welly Herman Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
  • Teguh Adiprasetyo Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
  • Bandi Hermawan Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

Keywords:

Bahan organik, Jerami Padi, Kompos

Abstract

Jerami padi sering tidak termanfaatkan yang biasanya dibakar setelah pemanenan. Jerami padi sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan organik yang kaya akan unsur hara. Oleh karena itu untuk memanfaatkan jerami padi agar lebih optimal dilakukan kegiatan pengabdian di Kelurahan Beringin Raya untuk memberikan pemahaman dan menambah ketrampilan. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menambah pemahaman dan informasi bagi masyarakat di Kelurahan Beringin Raya terhadap pemanfaatan jerami padi sebagai sumber bahan organik. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan Februari 2021 di Kelurahan Beringin Raya dengan masyarakat sasaran ibu-ibu kelompok wanita tani (KWT) Rezeki Bersama. Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa kegiatan sosialisasi ini juga diberikan motivasi dan semangat kepada ibu-ibu KWT agar mau memanfaatkan jerami padi sebagai sumber bahan organik. Sosialisasi juga menjelaskan tentang proses pembuatan kompos jerami padi. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan berupa kegiata sosialisasi terhadap ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Rezeki Bersama dapat disimpulkan bahwa sosialisasi meningkatnya pemahaman dan meningkatkan keterampilan tentang pemanfaatan jerami padi sebagai sumber bahan organik.

References

Abdulrachman, S., Mejaya, M. ana, Sasmita, P., & Guswara, A. (2013). Pengomposan Jerami. Booklet Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 1–14.

Erfandi, D., & Nurjaya. (2014). Potensi jerami padi untuk perbaikan sifat fisik tanah pada lahan sawah terdegradasi, lombok barat. Prosiding Seminar Nasional Pertanian Organik, Bogor, 18-(12), 263–270.

Gunawan, A. (2013). Fermentasi Jerami. Leaflet Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, 6(2), 2–3.

Husnain. (2008). Kehilangan unsur hara akibat pembakaran jerami padi dan potensi pencemaran lingkungan. Balitbang Tanah, 91–96.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Herman, W., Adiprasetyo, T. ., & Hermawan, B. . (2022). Pengenalan Jerami Padi Sebagai Sumber Bahan Organik di Kelurahan Beringin Raya. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 192–195. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/76