Pemanfaatan Tanaman Tradisional Sekitar Untuk Penyembuhan Penyakit

Authors

  • Andi Nur Ilmi Adriana Universitas Pancasakti Makassar
  • Ariyani Buang Universitas Pancasakti Makassar
  • Muhammad Aris Universitas Pancasakti Makassar
  • Nur Hamdani Nur Universitas Pancasakti Makassar
  • Harnipa Universitas Pancasakti Makassar
  • Mariani Akhfar Universitas Pancasakti Makassar
  • Firman Aziz Universitas Pancasakti, Makassar
  • Jeffry Jeffry Universitas Pancasakti, Makassar

Keywords:

Obat Tradisional, Alami, TOGA

Abstract

Kecendrungan masyarakat Indonesia beralih ke alam menjadi salah satu trend kebiasaan hidup kita sekarang ini khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Saat ini cukup banyak penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan adanya efek farmakologi bahan alam. Penggunaan obat tradisional secara umum dinilai lebih aman dari pada penggunaan obat modern. Hal ini disebabkan karena obat tradisional memiliki efek samping yang relative lebih sedikit dari pada obat modern.  Tanaman tradisional sekitar yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit biasa di sebut dengan tanaman obat keluarga atau TOGA, Badan Pengawas Obat dan Makanan sendiri menetapkan sembilan tanaman obat keluarga (TOGA) unggulan yang telah diteliti dan diuji secara klinis. Sembilan tanaman obat itu adalah sambiloto, Jehe, kunyit, jahe, mengkudu dan salam Dsb. Hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkan tanaman obat yang telah melalui uji klinis tersebut. Metode kegiatan yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah penyuluhan dengan menggunakan metode ceramah dan menggunakan media slide power point yang berisi penjelasan mengenai jenis tanaman obat keluarga unggulan serta dengan cara mengajak masyarakat untuk menanam TOGA. Keberhasilan dari pengabdian kepada masyarakat ini dinilai dari target jumlah peserta 75%, ketercapaian tujuan 80%, ketercapaian target materi 80% dan keberhasilan penanaman TOGA di rumah 80%. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah penyuluhan TOGA meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang TOGA dan 9 tanaman yang telah mengalami uji klinik.

References

Dwisatyadini, M. (2017). Pemanfaatan tanaman obat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif. Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City, 2, 237-270.

Kemenkes RI. (2011). Formularium Obat Herbal Asli Indonesia. Jakarta: Bakti Husada

Mentari, A., & Yanti, S. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Penanaman Tanaman Obat di Desa Labuhan Rasoki. Jurnal Education and Development, 8(1), 421-421.

Pertanian K. (2019). Tanaman Obat Warisan Tradisional Nusantara Untuk Kesejahteraan Rakyat. Bogor: Balai Penelitian Rempah dan Obat

Reslina, I., & Zulkarni, Z. (2020). Pendampingan Keluarga Mitra Toga Tentang Khasiat Pepaya di Kelurahan Sebrang Padang. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 64-69.

Thahir, R., Nurdiyanti, N., WAJDI, M., Fadhilah, N., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Edukasi Pemanfaatan Tanaman Sebagai Apotek Hidup Mewujudkan Masyarakat Sehat Dan Produktif. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7-15.

Wijaya, I., Nur, N., & Sari, H. (2020). Hubungan Gaya Hidup Dan Pola Makan Terhadap Kejadian Syndrom Dispepsia Di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Makassar. Jurnal Promotif Preventif, 3(1), 58-68.

Yanti, S. (2020). Penyuluhan Penanaman Tanaman Obat Keluarga Di Desa Labuhan Labo. Jurnal Education And Development, 8(1), 428-428.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Adriana, A. N. I., Buang, A. ., Aris, M. ., Nur, N. H. ., Harnipa, Akhfar, M. ., Aziz, F., & Jeffry, J. (2022). Pemanfaatan Tanaman Tradisional Sekitar Untuk Penyembuhan Penyakit. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 264–268. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/98