Pelatihan Desain Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Kinemaster
Keywords:
Pelatihan, desain pengembangan video, pembelajaran interaktif, kinemasterAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk memfasilitasi guru dalam mendesain pengembangan vidio pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster karena di masa pendemi covid 19 sangat berdampak pada semua aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dalam kegiatan belajar pembelajaran. PKM ini menggunakan metode presentasi, metode demonstrasi dan metode praktik. PKM ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kembangbahu Lamongan dengan peserta sebanyak 47 guru. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui kegiatan pelatihan desain pengembangan vidio pembelajaran interaktif kinemaster para peserta rata-rata memiliki kemampuan yang sangat baik dengan skor 86,76 dalam mengoperasikan fitur-fitur aplikasi kinemaster. Peserta dapat membuat bahan ajar yang interaktif dan menarik menggunakan aplikasi kinemaster. Disamping itu berdasarkan hasil angket, rata-rata guru memberikan tanggapan yang sangat baik dengan skor sebesar 82,67 karena melalui kegiatan ini para peserta memperoleh manfaat berupa pengetahuan tentang operasionalisasi aplikasi kinemaster dan uji kreativitas guru dalam membuat desain pengembangan vidio pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar.
References
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 24–29.
Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1509–1521. Retrieved from file:///C:/Users/evii/Downloads/4548-Article Text-9426-1-10-20150108.pdf
Risnawati, Amir, Z., & Sari, N. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1028(01212, 1–9.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Utomo, C. B., Amin, S., & Ria, T. N. (2018). Wayang Suluh as Learning Media in Teaching History in High School. Jurnal Paramita, 28(1), 105–111. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/13926/pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Locus Abdimas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.