Pemanfaatan Fitur Google untuk Mengoptimalisasi Kinerja Guru SMA Negeri 13 Kota Jambi
Kata Kunci:
Fitur, google, guru, kinerjaAbstrak
Perkembangan teknologi dan informasi berkaitan dengan pendidikan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, kegiatan pembelajaran juga menggunakan teknologi. Terlebih di masa pandemi dimana terdapat kegiatan aktivitas pembelajaran secara online dan juga pembelajaran tatap muka terbatas. Fitur Google yang sudah dikenal dapat digunakan oleh para pendidik sehingga kinerja dapat dioptimalisasi. Fitur Google yang digunakan adalah Google Form dan Google Drive. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru mengenai penggunaan Fitur Google untuk pembelajaran. Metode pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan. Pelatihan dibagi menjadi dua yaitu pelatihan Google Form dan Google Drive. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan ini bermanfaat bagi guru. Guru dapat menggunakan fitur Google Form untuk pembuatan soal dan pengolahan nilai. Guru juga menggunakan Google Drive sebagai media menyimpan data. Selain itu, guru termotivasi untuk menggunakan fitur Google dalam pembelajaran. Pelatihan ini berkontribusi secara langsung pada penggunaan teknologi untuk pembelajaran di kelas.
Referensi
Asiyah, S. & Murjainah. (2021). "Persepsi Mahasiswa Universitas PGRI Palembang terhadap Pembelajaran Daring di Pandemi Covid-19", Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), Vol. 14, No. 2, h. 95–100. doi: 10.24114/JTP.V14I2.21800.
Batubara, H. H. & Dessy, N. A. (2016). ‘"Workshop Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam", Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, Vol.2, No.1, h. 39–44. doi: 10.31602/jpai.v2i1.961.
Egbett, J. & Hanson-Smith, E. (1999). CALL Environments: Research, Practice, and Critical Issues. Virginia: Teachers of English to Speakers of Other Languages, Inc.
Ikhsan, A. N., Suhaman, J. and Hidayat, M. (2020). "Pelatihan Penggunaan Google Drive sebagai Media Penyimpanan dan Berbagi Bahan Ajar bagi Guru SMP Negeri 3 Kalimanah", SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 4, No. 1, h. 256–259. doi: 10.31764/JPMB.V4I1.2906.
Marriot, R. D. C. V. and Torres, P. L. (2009) E-Learning Methodologies for Language Acquisition. Pennsylvania: Information Science Reference.
Muzdalifah, I., Rianita, D. and Asril, E. (2021). "Sosialisasi Penerapan Google Forms sebagai Alat Penilaian Pembelajaran di SDN 117 Pekanbaru", DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.5, No.4, h. 1069–1073.
Santoso, I. et al. (2021). "Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo dan Google Form bagi Pendidik Bahasa Jerman di Era Pandemi Covid-19", IMASATRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1, No.2, h. 63–70.
Suryani, N. Y. & Harpiansi, H. (2021). "Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Menggunakan Google Form bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tarbawi Palembang ditengah Wabah Covid 19", Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol.10. No. 1, pp. 71–80. doi: 10.29300/MJPPM.V10I1.4221.
Widhiarso, W., Farisi, A., & Dafid (2021). "Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Online dengan Memanfaatkan Google Form untuk Guru-Guru SMP Negeri 42 Palembang", JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), Vol.1, No.1, h. 30–36.
Wisman, W., Sufiyandi, S. & Fadhli, M. (2021). "Pelatihan Penggunaan Google Form dan Google Classroom bagi Guru SMA 8 Kota Bengkulu sebagai Solusi Pembelajaran Online di Tengah Pandemik Covid-19", Abdi Reksa, Vol.2, No.1, h. 16–21. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa/article/view/13594
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Locus Abdimas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.