Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Keluarga Sehat di Dusun Tana Rhi Wilayah Puskesmas Rewarangga

Authors

  • Aris Wawomeo Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Provinsi NTT
  • Yoseph Woge Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Provinsi NTT
  • Sisilia Leny Cahyani Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Provinsi NTT
  • Fitria S. Pua Sawa Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Provinsi NTT
  • Theresia Avila Kurnia Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram

Keywords:

Keluarga sehat;

Abstract

Keluarga adalah suatu lembaga yang merupakan unit terkecil dari masyarakat. Dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), keluarga menjadi fokus pelaksanaan karena keluarga mempunyai lima fungsi strategis di antaranya fungsi perawatan atau pemeliharaan kesehatan. Keluarga perlu memonitor kondisi kesehatan anggota keluarga setiap bulan melalui sebuah kartu yang disiapkan pada masing-masing keluarga. Dengan demikian akan tampak keterlibatan dan peran aktif keluarga dalam PIS-PK. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober sampai dengan tanggal 27 Oktober tahun 2019. Pengabdian ini dilaksanakannya di Dusun Tana Rhi Wilayah Puskesmas Rewarangga, Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Target atau sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu Keluarga/Rumah Tangga Dusun tana Rhi A dan Dusun Tana Rhi B. Jenis kegiatan ini adalah pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan atau sosialisasi kesehatan terkait 12 indikator keluarga melalui sosialisasi secara bersama dan kunjungan rumah (home visite) pada masing-masing keluarga. Selain itu, tim pelaksana juga menyediakan Modul Keluarga sehat yang dapat digunakan keluarga sebagai referensi dalam menambah pengetahuan terkait keluarga sehat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang 12 indikator keluarga sehat, kemampuan keluarga dalam memanfaatkan Modul Keluarga Sehat dan melakukan Deteksi Keluarga Sehat, serta kemampuan keluarga dalam memonitor kesehatan keluarga dengan memanfaatkan kartu/papan Pantau Kesehatan Keluarga.

References

Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI), (2017). Modul Kebijakan Dasar Puskesmas dan Perkesmas: Pelatihan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Bagi Perawat Pelaksana (PK I) Di Puskesmas.

Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI). (2017). Modul Kebijakan Program Indonesia Sehat (PIS): Pelatihan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Bagi Perawat Pelaksana (PK I) Di Puskesmas.

Ratnasari, M., (2012). Faktor-Faktor Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Perkesmas Di Puskesmas Wilayah Kota Madya Jakarta Barat Tahun 2012, Jakarta : Penerbit Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Retno, S., (2012). Analisis Beberapa Faktor Individu, Organisasi, Psikologi yang Berhubungan dengan Koordinator Program Keperawatan Kesehatan Masyarakat (PERKESMAS) di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2012, Semarang: Universitas Diponegoro.

Rizka, M.A, Mujiburrahman, Faqih, M., (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Berbasis Posdaya Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Emas NTB (GEN), Jurnal Pengabmas, Volume 2, IKIP Mataram.

Sahar, J. (2017). Kontribusi Perawat dalam Mencapai Indikator Keluarga Sehat. Makalah dalam Rakernas IPKKI – Jakarta, 16 Nopember 2017.

Sukendar, H.B., (2018). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Peningkatan Layanan Kesehatan Oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta di Desa Wukirsari - UIN Sunan Kalijaga, Jogyakarta.

Sulaeman, E.S., Karsidi, R., et all.. (2012). Model Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan, Studi Program Desa Siaga), Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 7.

Suwarni, L, Selviana, et al. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PENKES (Pendidikan dan Kesehatan) untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Jurnal Abdimas,Vol. 2 No. 1.

Wawomeo, A. (2018). Pelaksanaan Keperawatan Keluarga dalam Program Indonesia (PIS) di Puskesmas Wilayah Kabupaten Ende (Penelitian).

Wicaksono, K.E., Guntur, A., Pemberdayaan Keluarga Menjadi Keluarga Tanggap Hipertensi (LUGAS) di Dusun Durma, Desa Bantur, Kecamatan, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Stikes Widyagama Husada Malang.

Yuni, A. (2017). Taksonomi Nanda-NOC-NIC Dalam Pelayanan Keperawatan Keluarga. Makalah dalam Rakernas IPKKI 2017: Perawat Komunitas sebagai Pilar Ketahanan Keluarga Sehat.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Wawomeo, A. ., Woge, Y. ., Cahyani, S. L. ., Sawa, F. S. P. ., & Kurnia, T. A. (2022). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Keluarga Sehat di Dusun Tana Rhi Wilayah Puskesmas Rewarangga. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 208–214. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/86

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.