Pendampingan Keluarga Dalam Pemenuhan Gizi Anak Sekolah Di Desa Moncong Loe Lappara Kab. Maros

Authors

  • Andi Mu'tiah Sari Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Muhajrin Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional

Abstract

Gizi Seimbang Bangsa Sehat Berprestasi merupakan slogan dari gizi seimbang. Makna dari
slogan tersebut adalah “Pola Hidup/Perilaku Gizi Seimbang” merupakan syarat mutlak untuk
mewujudkan generasi atau bangsa yang sehat, cerdas, berprestasi, unggul bersaing sehingga
menjadi perhatian dan disegani bangsabangsa lain dalam persahabatan global. Kandungan
makanan dengan gizi yang seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh beserta
aktivitasnya. Anak sekolah mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental dan emosional
yang sangat cepat. Makanan yang mengandung unsur zat gizi sangat diperlukan untuk proses
tumbuh kembang. Dengan mengkonsumsi makanan yang cukup gizi secara teratur, anak
akan tumbuh sehat sehingga mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi dan kebugaran
untuk mengikuti semua aktivitas sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.
Secara umum, masalah gizi (gizi kurang ataupun lebih) disebabkan oleh ketidakseimbangan
antara zat gizi yang masuk dalam tubuh dengan zat gizi yang dikeluarkan oleh tubuh. Masalah
gizi kurang dapat disebabkan rendahnya konsumsi energi (karbohidrat, protein dan lemak)
dan juga sering disertai dengan kekurangan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) dalam
makanan sehari-hari dan/atau disertai penyakit infeksi, sehingga tidak memenuhi Angka
Kecukupan Gizi (AKG). Sedangakan masalah gizi lebih dapat disebabkan oleh kurangnya
aktivitas fisik sehingga zat gizi yang perlu dikeluarkan oleh tubuh tidak seimbang dengan zat
gizi yang masuk ke dalam tubuh
Kata kunci : gizi, sarapan, anak

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Mu’tiah Sari, A., & Muhajrin. (2024). Pendampingan Keluarga Dalam Pemenuhan Gizi Anak Sekolah Di Desa Moncong Loe Lappara Kab. Maros. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(2). Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/288