INOVASI KESEHATAN KOMUNITAS: SOLUSI GIZI BAGI BURUH ANGKUT DI PELABUHAN SOEKARNO HATTA MAKASSAR

Authors

  • Zulfitrawati Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Nurhidayah Tiasya Sanas Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional

Abstract

Inovasi kesehatan komunitas adalah pendekatan penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi kelompok-kelompok rentan seperti buruh angkut. Buruh angkut sering kali menghadapi tantangan dalam hal kesehatan dan gizi karena pekerjaan fisik yang berat dan keterbatasan akses ke layanan kesehatan serta makanan bergizi.

Buruh angkut adalah kelompok pekerja yang sering menghadapi pekerjaan fisik berat dan jam kerja yang panjang. Karena tuntutan pekerjaan mereka, mereka mungkin tidak memiliki akses mudah ke makanan bergizi atau waktu untuk makan dengan baik. Pendekatan yang dapat dilakukan berupa edukasi gizi, Distribusi Makanan Bergizi bagi buruh angkut pelabuhan, Subsidisasi Makanan Sehat dengan bekerja sama dengan perusahaan untuk memberikan subsidi atau diskon pada makanan sehat bagi buruh angkut, pemberian Paket Makan Siang Bergizi, Program Snack Sehat dengan Menyediakan pilihan snack sehat seperti buah, kacang-kacangan, atau yogurt di tempat kerja sebagai alternatif untuk makanan cepat saji atau snack tidak sehat, Waktu Makan yang Cukup, Menyediakan layanan kesehatan di lokasi kerja, termasuk konseling gizi dan pemeriksaan kesehatan berkala, sehingga buruh angkut dapat memantau kesehatan dan asupan nutrisi mereka, Meningkatkan fasilitas di tempat kerja, seperti ruang makan yang bersih dan nyaman, yang dapat mendorong buruh angkut untuk makan dengan baik, dan Kerjasama dengan Ahli Gizi.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Zulfitrawati, & Tiasya Sanas, N. (2022). INOVASI KESEHATAN KOMUNITAS: SOLUSI GIZI BAGI BURUH ANGKUT DI PELABUHAN SOEKARNO HATTA MAKASSAR . Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(3), 1–4. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/223

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>