EDUKASI KESEHATAN UNTUK MENANGGULANGI OBESITAS DI KALANGAN TENAGA MEDIS MELALUI PENGETAHUAN TENTANG DAMPAK MAKANAN CEPAT SAJI

Authors

  • Nurhidayah Tiasya Sanas Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Ma'rifat Istiqa Mukty Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional

Abstract

Obesitas menjadi masalah kesehatan yang serius di kalangan tenaga medis, dengan prevalensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan populasi umum. Konsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori, lemak jenuh, dan gula merupakan salah satu faktor risiko utama obesitas.

Jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berupa edukasi kesehatan tentang dampak makanan cepat saji terhadap obesitas dan pola makan sehat bagi tenaga medis. Kegiatan ini dilakukan di sebuah rumah sakit di Makassar, Sulawesi Selatan, dengan melibatkan 30 tenaga medis sebagai peserta.

Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasilnya menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan edukasi, terjadi peningkatan pengetahuan tenaga medis tentang dampak makanan cepat saji dan pola makan sehat.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tenaga medis tentang pentingnya menjaga pola makan sehat untuk mencegah obesitas dan menjaga kesehatan.

Kata kunci : Obesitas, Tenaga Medis, Makanan Cepat Saji, Edukasi Kesehatan

Published

2024-05-20

How to Cite

Tiasya Sanas, N., & Istiqa Mukty, M. (2024). EDUKASI KESEHATAN UNTUK MENANGGULANGI OBESITAS DI KALANGAN TENAGA MEDIS MELALUI PENGETAHUAN TENTANG DAMPAK MAKANAN CEPAT SAJI. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(1). Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/246

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>