Pendidikan Dan Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Untuk Administrasi Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Media Digital, Administrasi, Pembelajaran SekolahAbstrak
Pengetahuan guru dan tenaga kependidikan terkait pemanfaatan media digital untuk kegiatan administrasi dan pembelajaran sangat penting agar pelaksanaan pengelolaan pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfatan media digital untuk pengelolaan pendidikan, utamanya untuk kegiatan administrasi dan pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian terdiri dari ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan praktek. Hasil dari kegiatan pengabdian yaitu; 1) Tim pengabdian masyarakat berhasil melaksanakan pendidikan dan pelatihan pemanfaatan media digital untuk administrasi dan pembelajaran di sekolah. 2) para peserta mampu memahami dan mengaplikasikan zoho form dan google meet untuk proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah. 3) Terjalin kemitraan dan Kerjasama antara pihak Universitas PGRI Adi Buana PSDKU Lamongan dengan para guru dan tenaga kependidikan sekolah dasar di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.
Referensi
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339
Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133–148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735
Anwar, W. S., & Santa, S. (2018). Kontribusi Pengetahuan Teknologi Informasi & Komunikasi Terhadap Kinerja Guru. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i1.742
Dan, I., & Intech, T. (2021). Analisis Keefektifitasan Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi kasus : Kelas V SDN 12 OKU ). Informatika Dan Teknologi (INTECH), 2(1), 25–30.
Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
Hidayat, W. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. EMarketer.Com, Pp. 6–11. Https://Doi.Org/10.3847/0004-637X/826/2/213.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika PembelajarMansyur, Abd Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1, no. 2 (2020): 113.an Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.
Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., Budi, D. S., & Hidayat, S. (2021). Pembuatan Soal Online di Google Form Bagi Guru MA Al-Intishor Tanjung Karang. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 71–76.
Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8-15., 8–15.
Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1
Yusrizal, Intan Safiah, & Nurhaidah Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(April), 126–134.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Locus Abdimas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.