Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dan PHBS pada Anak Melalui Media Video Edukasi di Desa Ilodulunga
Kata Kunci:
Protokol Kesehatan (Health Protocol), PHBS, Media Edukasi (Educational Media)Abstrak
Pandemi COVID 19 merupakan penyakit yang menjadi perhatian utama saat ini, termasuk bagi akademisi. COVID 19 tidak hanya berdampak pada orang dewasa tapi pada semua kelompok umur termasuk anak. Anak sekolah merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan COVID 19 ditambah setelah penerapan kembali sekolah dengan pertemuan tatap muka. Maka diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang cara pencegahan penularan penyakit menular. Untuk itu, maka dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi agar dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui video edukasi di Desa Ilodulunga Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Kegiatan sosialisasi dengan penyuluhan kesehatan menggunakan tahapan Pretest-Penyuluhan-Posttest yaitu memberikan pertanyaan pada peserta menggunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan anak sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Materi penyuluhan diberikan dengan memutar video edukasi tentang penerapan prokes dan PHBS yang diselingi dengan penjelasan dari pemateri. Dari hasil pengukuran pretest dan posttest ditemukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan anak dari 88,5% anak yang memiliki pengetahuan cukup sebelum penyuluhan menjadi 100% anak berpengetahuan cukup setelah diberikan penyuluhan. Sehingga dapat disimpulkan adanya keefektifan penyuluhan kesehatan melalui pemutaran video edukasi terhadap peningkatan pengetahuan anak usia sekolah.
Referensi
Jameel, H. T., & Faiz, Z. (2020). Safety measures and hygienic conditions in therapy centers for special needs children during Covid-19 pandemic in Pakistan. Journal of Research in Psychology, 2(1), 14–18.
Kemdiknas. (2010). Kesehatan dan Keselamatan Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemenkes RI. (2021). Buku Saku Protokol Tatalaksana COVID-19 Buku Saku ed 2. Kementerian Kesehatan RI, 106. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Tata Laksana
Kumar, M., & Dwivedi, S. (2020). Impact of coronavirus imposed lockdown on Indian population and their habits. International Journal of Science and Healthcare Research, 5(2), 88–97.
Li, S., Wang, Y., Xue, J., Zhao, N., & Zhu, T. (2020). The impact of COVID-19 epidemic declaration on psychological consequences: a study on active Weibo users. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), 2032.
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan.
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 529–542.
Satgas Penanganan COVID 19. (2021). Data Vaksinasi COVID-19 (Update per 15 Desember 2021). https://covid19.go.id/berita/data-vaksinasi-covid-19-update-15-desember-2021
Supriatun, E., Insani, U., & Ni, J. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID - 19. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(2).
Sutranto, A. V., & Andriyani, A. (2018). Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak. Pustaka Buku Press.
Szabo, T. G., Richling, S., Embry, D. D., Biglan, A., & Wilson, K. G. (2020). From helpless to hero: Promoting values-based behavior and positive family interaction in the midst of COVID-19. Behavior Analysis in Practice, 13(3), 568–576.
WIranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88.
World Health Organization, W. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19. World Health Organization, April, 1–17. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19-june-20.pdf?sfvrsn=d1327a85_2
Zendrato, W. (2020). Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Locus Abdimas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.