PENYULUHAN TENTANG MOTIVASI KERJA PERAWAT TERHADAP PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DI RS LANTO DG PASEWANG KAB. JENEPONTO

Authors

  • erlina HB ITEKES TRI TUNAS NASIONAL
  • Nur Inayah Rauf ITEKES Tri Tunas Nasional
  • Ainun Utami Rezky P ITEKES Tri Tunas Nasional

Abstract

Motivasi kerja perawat adalah faktor penting yang mempengaruhi kinerja dan pelayanan perawat di lingkungan rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Beberapa faktor yang dapat memberikan motivasi kepada perawat melibatkan aspek profesional, pribadi, dan lingkungan kerja. Setiap perawat memiliki motivator yang berbeda, dan penting bagi manajemen rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk memahami dan mendukung motivasi individu tersebut untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.
Perawat memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan pasien di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Peran ini mencakup sejumlah tugas dan tanggung jawab yang bertujuan untuk mencegah risiko dan memberikan pelayanan yang aman. Berikut adalah beberapa peran perawat dalam keselamatan pasien yaitu Pemantauan Pasien, Identifikasi Pasien yang Tepat, Pemberian Obat yang Aman, Pencegahan HAIs, Edukasi Pasien, Pencegahan Cedera Jatuh, Pelaporan Kejadian yang Tidak Diinginkan, Manajemen Informasi Medis, Manajemen Rencana Perawatan, Pemberdayaan Pasien, Manajemen Rasa Nyaman dan Keamanan Pasien, Pelatihan dan Pengembangan Profesional. Mengingat pentingnya peran perawat terhadap keselamatan pasien di Rumah Sakit, maka kegiatan penyuluhan seperti ini perlu untuk rutin dilakukan agar motivasi kerja petugas khususnya perawat dapat terjaga.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

erlina HB, Nur Inayah Rauf, & Ainun Utami Rezky P. (2021). PENYULUHAN TENTANG MOTIVASI KERJA PERAWAT TERHADAP PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DI RS LANTO DG PASEWANG KAB. JENEPONTO. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(1), 1–5. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/190

Most read articles by the same author(s)