Pengembangan Produk Olahan Biji Mete

Authors

  • Agus Santoso Universitas Teknologi Sumbawa
  • Rozzy Aprirachman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fendy Maradita Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Susu mete, biji mete, promosi

Abstract

Kabupaten Sumbawa memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah hasil pertanian dan perkebuanan. Salah satu hasil pertanian dan perkebunan adalah jambu mete (Anacardium occidentale), salah satu wilayah penghasil mete adalah desa Luk. Dalam prakteknya biji mete secara umum hanya dijual tanpa melali proses pengolahan, sehingga tidak bisa memberi nilai tambah secara ekonomi. Saat ini terdapat ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang aktif mengolah biji mete untuk dijadikan kacang mete. Jika diamati biji mete dapat diolah menjadi banyak turunan produk salah satunya adalah susu kacang mete, manfaat dari adanya olahan produk adalah adanya penambahan value dari hasil pertanian. Oleh sebab itu diperlukan adanya pendampingan inovasi produk, pembuatan kemasan dan pendampingan pemasaran produk kepada kelompok PKK memberi dampak positif dalam peningkatan kreativitas dan inovasi produk.

References

Harjawati, tri, Jeni Andriani dan Hamsinah B. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Modifikasi Jilbab Anak Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Rocek. Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2. (Ter Benyamin Molan) Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Agus. Muhammad Khafid, dan , Amin Pujiati. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, Dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education 5 (1).

Kurniawan, B. P. Y. (2016). Strategi dan Prospek Pengembangan Jambu Mete (Anacardium occidentale. L) Kabupaten Jember.Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.9 (3), 242–258.

Lontoh, J. Karla, Altje L.T, dan Raymond Kawet. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA Vol.8 No.4 Oktober 2020, Hal. 11 – 20.

Maulana, Y.S. dan Alisha. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8 .86-91.

Masrurin, D. Laila. (2020). Analisis Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ukm Aisa Cookies Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 5 No. 1 (2020) hlm. 1-17.

Mufreni, Alfin NF. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2 (November 2016) 48-54.

Permata, R. Ratna, . Tasya S.R, dan Biondy Utama. (2019). Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis dan Investasi Volume 10 Nomor 2.

Puspitarini, D. Sekar dan Reni Nuraeni. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common. Volume .3 Nomor. 1.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Santoso, A., Aprirachman, R. ., & Maradita, F. . (2022). Pengembangan Produk Olahan Biji Mete . Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 75–80. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/32