Edukasi Kebiasaan Menggosok Gigi Malam Hari Pada Anak Di SDN Minasa Upa Kota Makassar

Authors

  • Nur Inayah Rauf ITEKES TRI TUNAS NASIONAL
  • Erlina HB ITEKES Tri Tunas Nasional
  • Ainun Utami Rezky P ITEKES Tri Tunas Nasional

Abstract

Pembangunan kesehatan gigi dan mulut juga merupakan Sasaran pembangunan kesehatan yang perlu diperhatikan di dalam masyarakat terutama pada anak-anak, karena Gigi dan mulut merupakan organ penting yang perlu dijaga ataupun dirawat dengan baik, jika tidak dijaga dengan baik maka akan berakibat masalah pada organ tersebut. Menggosok gigi adalah tindakan yang perlu diajarkan kepada anak-anak sehingga dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik dan sehat. Menggosok gigi merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi dari plak dan sisa makanan. Kesehatan gigi dan mulut perlu diperhatikan sejak dini agar terhindar dari masalah yang menyebabkan gangguan atau ketidaknyamanan pada pada gigi dan mulut. Perawatan gigi yang baik akan maksimal jika disertai dengan cara melakukan cara sikat gigi yang benar. Cara melakukan sikat gigi yang benar akan memaksimalkan kebersihan area gigi dan menghindari masalah yang muncul pada gigi dan mulut. Banyak permasalahan yang akan timbul seperti gigi berlubang, gusi berdarah, gusi bengkak dan sebagainya.
Sebuah studi mengatakan bahwa selama dekade terakhir penekanan telah ditempatkan pada pencegahan daripada pengobatan penyakit. Oleh karena itu penting untuk menyadari bahwa pencegahan penyakit gigi memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan pasien secara keseluruhan.Kerusakan gigi yang terjadi pada anakdapat menjadi salah satu penyebab terganggunya pertumbuhan gigi anak pada usia selanjutnya. Pada anak usia dini gigi yang tumbuh merupakan gigi susu yang akan lepas dan berganti dengan gigi yang baru. Namun dalam hal ini, menjaga kesehatan gigi sedini mungkin adalah hal yang dapat menjadi pembiasaan bagi anak hingga dewasa. Kesehatan gigi anak masih menjadi tanggungjawab dan perhatian orang tua, artinya anak masih bergantung kepada orang tua dalam menjaga dan merawat kesehatan giginya.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Nur Inayah Rauf, Erlina HB, & Ainun Utami Rezky P. (2021). Edukasi Kebiasaan Menggosok Gigi Malam Hari Pada Anak Di SDN Minasa Upa Kota Makassar. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(1), 6–10. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/191

Most read articles by the same author(s)