Pentingnya ASI Eksklusif Dalam Menunjang Kecukupan Gizi Bayi dan Balita di Desa Sawakong Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Authors

  • Basir Basir Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Abdul Hadi Al-Muttaqin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Andi Aan Mugniyah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Andi Tania Yasni Aldini Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Khaera Ummah Armita Katli Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Milka Murua Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Rabiatun Rafiah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Srifa Noevi Hasim Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin

Keywords:

ASI Eksklusif

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pokok paling sempurna untuk bayi yang berusia 0-6 bulan dan dilanjutkan hingga bayi berumur 2 tahun yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi dan meningkatkan kecerdasan anak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya ASI Eksklusif dalam menunjang kecukupan gizi bayi dan balita di Desa Sawakong Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar. Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah sebanyak 24 responden. Metode yang kami gunakan untuk merealisasikan tujuan pengabdian yaitu dengan metode Emo-Demo (Emotional Demonstration) yang memperlihatkan secara nyata pentingnya kolostrum dan juga ASI Eksklusif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Metode evaluasi yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu menggunakan kuesioner pre-post test yang dibagikan kepada peserta sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan untuk melihat keberhasilan program. Hasil yang didapatkan yaitu terjadi peningkatan persentase kategori cukup setelah penyuluhan menjadi 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat pengetahuan responden sesudah dilakukan penyuluhan.

References

Alpin, A. (2021) ‘Hubungan Karakteristik Ibu dengan Status Gizi Buruk Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tawanga Kabupaten Konawe’, Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), pp. 87–93.

Asnidawati, A. and Ramdhan, S. (2021) ‘Hambatan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Usia 0-6 Bulan’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), pp. 156–162.

Diah. A.P, Rumaidhil. A, Ayu. D. P. (2018). Hubungan antara Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Roesli, U. (2013). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidiya

Salamah, U. and Prasetya, P. H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Ibu Dalam Pemberian ASI

Sari, T. W., Wulandari, F. S., Hidayat, M. H., Amelia, N., Nasution, S., & Yuriati, Y. (2018). Perbedaan Pengetahuan Ibu Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap Kota Pekanbaru 2018. Collaborative Medical Journal (CMJ), 1(2), 58-65.

Sari, W. A. and Farida, S. N. (2020) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Manfaat ASI dengan Pemberian ASI Eksklusif Kabupaten Jombang’, Jurnal Penelitian Kesehatan, 10(1), pp. 6–12.

Suhertusi, B., Desmiwarti, D., & Nurjasmi, E. (2015). Pengaruh media promosi kesehatan tentang ASI Eksklusif terhadap peningkatan pengetahuan ibu di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1).

Vyronica, R. (2012). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif Sebelum dan Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Manyaran Semarang. Karya Ilmiah.

Wahyuni, L., Nasution, Z. and Tarigan, J. (2019) ‘Fenomena Gizi Buruk Di Wilayah Kerja Puskesmas Peusangan’, Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(2), pp. 62–68

WHO (2019) Nutrition Exclusive breastfeeding for optimal growth, development and health of infants. Available at: https://www.who.int/elena/titles/exclusive_breastfeeding/en/.

Widiyanto, S. (2012). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif dengan Sikap Terhadap Pemberian ASI Eksklusif (Doctoral dissertation, UNIMUS).

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Basir, B., Al-Muttaqin, A. H. ., Mugniyah, A. A. ., Aldini, A. T. Y. ., Katli, K. U. A. ., Murua, M. ., Rafiah, R. ., & Hasim , S. N. . (2022). Pentingnya ASI Eksklusif Dalam Menunjang Kecukupan Gizi Bayi dan Balita di Desa Sawakong Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 196–201. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/70