Edukasi Tentang Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Grestelina Makassar

Authors

  • Sulfianti Fakhruddin ITEKES TRI TUNAS NASIONAL
  • Muh. Nurshabri Abdillah ITEKES Tri Tunas Nasional
  • Ainun Utami Rezky P ITEKES Tri Tunas Nasional

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan fokus utama bagi masyarakat. Kesadaran dan kepedulian terhadap mutu memang semakin meningkat. Hal-hal yang berkaitan dengan mutu antara lain kepercayaan bahwa sesuatu yang bermutu pastilah merupakan hal yang bersifat luks, mewah, dan mahal. Mutu juga dianggap sesuatu hal yang bersifat abstrak sehingga tidak dapat diukur. Keselamatan pasien dan mutu pelayanan kesehatan yang tinggi adalah tujuan akhir yang selalu diharapkan oleh rumah sakit, manajer, tim penyedia pelayanan kesehatan, pihak jaminan kesehatan, serta pasien, keluarga dan masyarakat. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pasien dan menjamin keselamatan pasien maka rumah sakit perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit. Untuk melaksanakan program tersebut tidaklah mudah karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala bidang/divisi medis, keperawatan, penunjang medis, administrasi, dan lainnya termasuk kepala unit/departemen/instalasi pelayanan.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Sulfianti Fakhruddin, Muh. Nurshabri Abdillah, & Ainun Utami Rezky P. (2021). Edukasi Tentang Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Grestelina Makassar. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(1), 20–25. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/195