Sosialisasi Alur Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional pada tata layanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kab. Jeneponto

Penulis

  • erlina HB ITEKES TRI TUNAS NASIONAL
  • Andi Mu’tiah Sari ITEKES Tri Tunas Nasional
  • Pricilia Yuni Tular ITEKES Tri Tunas Nasional

Abstrak

Alur Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS, merupakan Tahapan pelayanan kesehatan dari awal pasien datang, mendaftar, diberi tindak lanjut serta pengobatan sampai pada pasien pulang. Sistem rujukan pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada JKN yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan dan seluruh fasilitas kesehatan. Sistem rujukan pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada JKN yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan dan seluruh fasilitas kesehatan.
Tata cara sistem rujukan berjenjang yaitu Sistem rujukan layanan kesehatan akan dilakukan secara berjenjang sesuai kebutuhan medis, Pelayanan di fasilitas kesehatan primer yang dapat dirujuk langsung ke fasilitas kesehatan tersier hanya untuk kasus yang telah ditegaskan diagnosisnya dan rencana terapinya, kondisi khusus pasien yang tanpa melalui rujukan berjenjang, dan pelayanan oleh bidan dan perawat.

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

erlina HB, Andi Mu’tiah Sari, & Pricilia Yuni Tular. (2022). Sosialisasi Alur Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional pada tata layanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kab. Jeneponto. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2), 1–5. Diambil dari https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/6-10

Terbitan

Bagian

Articles