Bimbingan Penggunaan Whatsapp, Google classroom, dan Zoom meeting pada Orang Tua untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Penulis

  • Sanimah STKIP Budidaya
  • Sri Wahyuni
  • Imelda Wardani Rambe

Kata Kunci:

Bimbingan, wali murid, whhatsapp, google classroom, zoom meeting

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan penggunaan Whatsapp, Google classroom, dan Zoom meeting pada Orang Tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Subjek pengabdian ini adalah warga lingkungan VI Kelurahan Dendang yang memiliki anak usia sekolah SD dan SMP yang berjumlah 14 orang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2020. Pada pelaksanaannya pemateri menyampaikan penjelasan mengenai pembelajaran daring dan memperkenalkan whatsapp, google classroom dan zoom meeting sebagai media pembelajaran daring yang banyak digunakan di sekolah. Peserta diajarkan cara menggunakan whatsapp, google classroom dan zoom meeting melalui simulasi agar nantinya dapat mendampingi anak dalam pelaksanaan pembelajaran daring di rumah. Kemudian peserta melakukan praktek penggunaan whatsapp, google classroom dan zoom meeting menggunakan smartphone masing-masing. Hasil dari kegiatan ini dianalisis secara deskriptif, dan didapati bahwa awalnya peserta kegiatan mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran daring dan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring namun setelah mendapatkan bimbingan, 69% peserta mampu menggunakan whatsapp, 44% mampu menggunakan google classroom, dan peserta hanya dapat mengikuti zoom meeting melalui link tanpa mampu menggunakan fitur yang terdapat pada aplikasi zoom meeting. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengabdian masyarakat terlaksana dengan baik sesuai target capaian.

Referensi

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan. 10(3); 282-289

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom meetingMeeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1)

Mawar, Salamah, D.R., & Fauziah, A.L, (2020). Sosialisasi Peranan OrangT ua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Junrl UMJ-PAI. 1-10

Puspita, K. N, & Pratiwi N.K. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar Jambe Agung. Jurnal Bakti Saraswati. 10(2). 165 -173.

Ratiwi, R.D, & Sumarni, W. (2020). Peranan OrangTua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 304 – 309

Riwayati, selvi, dkk. (2021). Pendampingan Google Classroo.m dan Zoom Meeting di SD Negeri 36 Bengkulu Tengah. Jurnal Abdi Reksa. 2(2) 23- 27

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Sunarsi, Ni Made dan Jumantari. (2021). Peningkatan Pemahaman dan Pengaplikasian Media Pembelajaran Daring Kepada Orang Tua serta Anak – Anak Kelas VI Sekolah Dasar di Desa Punggul. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat, 2(1); 74-80.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pemblajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Diterbitkan

2022-01-18

Cara Mengutip

Sanimah, Wahyuni, S. ., & Rambe, I. W. (2022). Bimbingan Penggunaan Whatsapp, Google classroom, dan Zoom meeting pada Orang Tua untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 127–134. Diambil dari https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/52

Terbitan

Bagian

Articles