Pelatihan Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan di Puskesmas Malanu Kota Sorong Provinsi Papua Barat

Penulis

  • Muh. Nurshabri Abdillah ITEKES TRI TUNAS NASIONAL

Abstrak

Kualitas pelayanan kesehatan merujuk pada sejauh mana sistem kesehatan dapat memenuhi kebutuhan pasien dan memberikan layanan yang efektif, aman, serta bermutu. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan meliputi aksesibilitas, keamanan pasien, kesesuaian dan kesinambungan perawatan, keterlibatan pasien, kualifikasi dan keterampilan tenaga kesehatan, teknologi dan peralatan medis, evaluasi dan peningkatan berkelanjutan. Pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat memiliki peran dalam memastikan kualitas pelayanan kesehatan. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan merupakan upaya bersama untuk memastikan bahwa semua individu dapat mendapatkan perawatan yang memadai dan efektif.
Kualitas pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) memiliki dampak signifikan pada kesehatan masyarakat di tingkat lokal. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas pelayanan di Puskesmas seperti Aksesibilitas dan Ketersediaan, Tenaga Kesehatan yang Berkualitas, Pelayanan Pencegahan dan Promosi Kesehatan, Manajemen Obat, Sistem Informasi Kesehatan, Partisipasi Masyarakat, Edukasi Pasien, dan Keberlanjutan Peningkatan Kualitas. Puskesmas Malanu sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kota Sorong dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, untuk itu petugas kesehatan perlu memahami tentang pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Diterbitkan

2021-08-10

Cara Mengutip

Muh. Nurshabri Abdillah. (2021). Pelatihan Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan di Puskesmas Malanu Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(2). Diambil dari https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/243

Terbitan

Bagian

Articles