Posipo Cultural Studies in the Third Trimester of Pregnancy in Baubau City

Authors

  • Dahniar Dahlan Prodi D-III Kebidanan, Jurusan Kesehatan, Politeknik Baubau

Keywords:

Budaya Posipo, Kehamilan trimester III

Abstract

Latar Belakang: Budaya posipo merupakan suatu tradisi atau ritual pada kehamilan 7 bulanan yang melekat pada masyarakat buton yang turun-temurun serta menjadi kebiasaan masyarakat setempat, budaya atau ritual posipo menjadi salah satu kepercayaan yang berlaku dan sulit untuk dihapus dari kehidupan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi budaya posipo pada kehamilan trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Melai Kota Baubau Tahun 2020.

Metode: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan studi retrospektif artinya meneliti peristiwa kebelakang untuk melihat gambaran fenomena yang terjadi dalam suatu populasi tertentu, Tekhnik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan peneliti sehingga diharapkan mampu menjawab permasalahan penelitian.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan dari 7 responden bahwa mayoritas atau hampir setiap ibu melakukan ritual budaya posipo selama kehamilan 7 bulan atau usia kandungan 7 bulan keatas sebelum ibu memasuki periode persalinan tergantung situasi dan kondisi dari ibu.

Kesimpulan: Keadaan ini sesuai dengan kepercayaan dan tradisi yang sudah dilakukan oleh nenek moyang terdahulu yang diturunkan sehingga menjadi suatu keharusan yang dilakukan dan di anggap sebagai tradisi untuk mendoakan keselamatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

References

Dewa Ayu Putu. MK. 2016. Kehamilan Dalam Pandangan Budaya Timor (ATONI). Jurnal Info Kesehatan, Vol.14, No. 2. Desember 2016

Ipa. M, adi prasetyo. D, Kasnodiharjdo. 2016. Praktek Budaya Perawatan Dalam Kehamilan Persalinan dan Nifas pada Etnik Budaya.

Juriah, 2018. Kepercayaan dan Praktek Budaya pada Masa Kehamilan Masyarakat Desa Karangsari Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Huniora Vol. 20, No. 2, Juli 2018: 162 – 167

Kasnidihargjo dan Lusi, K. 2013. Praktek Budaya Perawatan Kehamilan di Desa Gadingsari Yogyakarta.. Jurnal Kesehatan Reproduksi Vol.3 No. 3, Desember 2012, Hal 113-123.

Kementrian kesehatan. 2018. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia.. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Khairi. 2015. Landasan Teori Kepercayaan.

Nusa Putra. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta barat. PT INDEKS Permata Puri Media.

Rafai, M. 2017. Etnografi Komuniksi Ritual Tingkeban Neloni dan Metoni.. Jurnal Of Communication Vol.2 No.1,Juni 2017

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Dahlan, D. (2022). Posipo Cultural Studies in the Third Trimester of Pregnancy in Baubau City. JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition, 2(1), 29–37. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoPHIN/article/view/101

Issue

Section

Articles