PELATIHAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELENCE) DI PUSKESMAS MALAKAJI KAB. GOWA

Penulis

  • erlina HB ITEKES TRI TUNAS NASIONAL
  • Nur Inayah Rauf ITEKES Tri Tunas Nasional
  • Ainun Utami Rezky P ITEKES Tri Tunas Nasional

Abstrak

Pembangunan Puskesmas di seluruh kecamatan merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan pelayanan kesehatan. Dengan dukungan sumber pendanaan yang memadai, Puskesmas saat ini telah berubah menjadi lebih baik, mempunyai tampilan fisik yang bagus dan nyaman untuk memenuhi kepuasan masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Namun, tampilan fisik gedung saja tentu belum dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat secara utuh tanpa adanya penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terbaik dari petugas Puskesmas. Namun upaya peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas dalam mewujudkan pelayanan prima saat ini menjadi semakin penting mengingat bahwa Puskesmas merupakan penanggungjawab wilayah dan pelaksana utama pencapaian Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan kabupaten/kota. Selain itu, pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan perkembangan media informasi yang semakin luas di era digitalisasi industri 4.0 juga menuntut Puskesmas untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Sistem kesehatan di era JKN bukan hanya menuntut Puskesmas mampu sebagai gatekeeper yang kuat namun juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dianggap paling berkualitas dan dipercaya untuk menjadi kontak pertamanya dalam menjaga kesehatan. Oleh karena itu, puskesmas malakaji dituntut untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Diterbitkan

2021-07-20

Cara Mengutip

erlina HB, Nur Inayah Rauf, & Ainun Utami Rezky P. (2021). PELATIHAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELENCE) DI PUSKESMAS MALAKAJI KAB. GOWA. Locus Penelitian Dan Abdimas, 2(2), 1–4. Diambil dari https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/196

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2