The Relationship between Knowledge and Attitude Levels with Diabetes Mellitus Diet Compliance in the ICU Room at the Muna District Hospital

Authors

  • Muhammad Syafri STIKES Amanah, Makassar
  • Yusdarnita STIKES Amanah, Makassar

Keywords:

Tingkat Pengetahuan, Kepatuhan Diet, Diabetes Melitus

Abstract

Latar Belakang: Kepatuhan diet diabetes mellitus merupakan kepatuhan mengatur pola makan dan kesehatan agar dapat mengontrol gula darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan diet diabetes melitus di Ruangan ICU RSUD Kabupaten Muna.

Motode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik, dengan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita diabetes melitus. Sampel yang di ambil sejumlah 43 responden, yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji statistik Chi-Square.

Hasil: Dari uji analisis data diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap terhadap kepatuhan diet dan  dapat  dibuktikan  dengan  nilai p= 0,012 < α = 0,05.

Kesimpulan: Disimpulkan bahwa ada hubungan yang siginfikan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan diet Diabetes Mellitus di ruangan ICU RSUD Kabupaten Muna. Diharapkan responden mampu menggali wawasan dari berbagai media sehingga dapat merawat diri yang menderita diabetes melitus.

References

Adam MF, 2000. Klasifikasi dan diagnosis Diabetes Mellitus, Aneka Surabaya.

Askandar, T, 2007. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Airlangga University Press,

Askandar, Tj, Hendromartono, 2016. Komplikasi Akut DM serta Tatalaksana Pengelolaan DM, Aspek Klinik dan Epidemologi, Airlangga University Press,.

Azis, A. 2017. Riset Keperawatan dan teknik Penulisan Ilmiah, Jakarta, Salemba Medika.

Bustan, MN. 2018. Epidemioliogi Penyakit tidak menular, Jakarta, Rhineka Cipta.

Guyton dan Hall, 2016. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, Edisi 9, Jakarta EGC.

Mansyoer, A 2009. Kapita Selekta Kedokteran, edisi ketiga, Media Aesculapius, FKUI

Nursalam, 2013. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Penerapan Skripsi, Tesis dan instrument Penelitian kepaniteraan, Jakarta, Salemba Medika

Perkumpulan Endokreneologi Indonesia, Konsensus Pengelolaan DM di Indonesia, Majalah Kedokteran Indonesia, Vol. 47, No. 9, 2007.

Price, A, Wilson M, 2006, Patofisiologi Konsep Klinis Proess –Proses Penyakit, Jilid II Edisi keenam Jakarta: EGC

RI. Departemen Kesehatan, Profil Kesehatan, Sulawesi Selatan Tahun 2019.

Safitri, E., Sudarman, S., & Nur, N. (2021). Eating Pattern Relationship With Events Diabetes Mellitus Type 2 In The Working Area Of The Pertiwi Health Center, Makassar City. Pancasakti Journal Of Public Health Science And Research, 1(1), 30-38. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v1i1.209

Sastroasmoro, Ismail, 2006. Dasar - Dasar Metodologi Penelitian Klinis . Edisi kedua Jakarta : Sagung Seto

Soegondo S, Soewondo P, Subekti, 2017. Penatalaksanaan Diabetes Melitus, Terpadu, FKUI.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Syafri, M. ., & Yusdarnita. (2021). The Relationship between Knowledge and Attitude Levels with Diabetes Mellitus Diet Compliance in the ICU Room at the Muna District Hospital. JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition, 1(1), 1–4. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoPHIN/article/view/6

Issue

Section

Articles