Edukasi tingkat pengetahuan tentang gizi seimbang Pada Remaja SMA Negeri 8 Makassar

Authors

  • Aryanti Indah Jaya Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Muhammad Wajdi Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Gizi seimbang menjadi cara tepat yang dapat dipraktikan oleh remaja untuk emmenuhi peningkatan zat gizi dan untuk mencapai status gizi serta kesehatan yang optimal. Masalah yang sering terjadi di kalangan remaja saat ini adalah kekurangan gizi mikro yang biasa disebut dengan anemia. Tingkat pengetahuan seseorang berpengaruh erhadap perilaku dalam pemilihan makanan yang selanjutnya juga akan berpengaruh pada keadaaan gizi orang tersebut. Remaja sebagai generasi penerus bangsa berperan penting untuk kemajuan negara di masa yang akan datang dengan menjadi generasi sehat.

Penelitian ini memanfaatkan kuesioner daring yang disebarluaskan melalui goggle form sebagai alat untuk mengumpulkan data dari sampel siswa/i yang representative. Instrument survei berisi sejumlah pertanyaan yang dirancang untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenaik berbagai aspek gizi, termasuk pengetahuan tentang zat gizi yang penting serta dampak gizi terhadap kesehatan dan kesejahteraan secara umum. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran yang bermakna mengenai tingkat pengetahuan gizi di kalangan remja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorng peningkatan literasi gizi dikalangan pelajar SMA 8 Makassar dan menumbuhkan pola makan yang lebih sehat. Secara lebih luas, penelitian ini berkontribusi pada upaya peningkatan kesejahteraan dan perkembangan generasi muda melalui penerapan gizi yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Indah Jaya, A., & Wajdi, M. (2025). Edukasi tingkat pengetahuan tentang gizi seimbang Pada Remaja SMA Negeri 8 Makassar. JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition, 5(1), 1–6. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoPHIN/article/view/367

Issue

Section

Articles