INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LUWUK KABUPATEN BANGGAI
Keywords:
Manajemen Layanan Makanan Rumah SakitAbstract
Pelayanan gizi di rumah sakit memegang peranan penting dalam mendukung proses penyembuhan pasien. Gizi yang adekuat dapat mempercepat penyembuhan, mengurangi risiko komplikasi, serta meningkatkan kualitas hidup pasien selama perawatan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi manajemen pelayanan gizi pasien di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk Kabupaten Banggai.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang manajemen pelayanan gizi pasien di instalasi gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk Kabupaten Banggai pada bulan Agustus-September 2024.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan makanan pasien mulai dari tahap input yaitu ketenagaan hanya menitik beratkan pada basic tata boga sebagai pramusaji. Sarana dan prasarana terdiri dari ruang kepala instalasi, staff, pengolahan, pendistribusian, gudang penyimpanan alat, gudang penyimpanan makanan basah dan tempat penyimpanan bahan makanan kering. Prencanaan anggaran belanja dilakukan enam bulan sebelumnya dan anggaran bersumber dari pemerintah daerah. Perencanaan menu menggunakan siklus menu 10 hari dengan menggunakan standar resep dan standar bumbu. Perencanaan kebutuhan makanan dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu dan jumlahnya ditentukan sesuai kebutuhan kalori pasien dan juga siklus menu. Pemesanan dan pembelian dilakukan dengan cara setengah langsung dengan frekuensi belanja untuk makanan basah dilakukan setiap hari dan makanan kering setiap 1 kali dalam sebulan. Penerimaan bahan makanan dengan melihat daftar barang sesuai pesanan, apabila bahan makanan rusak maka segera digantikan. Penyimpanan bahan makanan terdiri dari dua yaitu tempat penyimpanan makanan basah dan tempat penyimpanan makanan kering. Pengolahan bahan makanan dilakukan diruang pengolahan dengan menggunakan pedoman menu yang sudah ada. Pendistribusian dilakukan dengan cara sentralisasi. Outputnya adalah rata- rata pasien merasa puas dengan pelayanan makanan yang diberikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.