Formulary Analysis of Baubau City Health Departement

Authors

  • Azanuddin Prodi Diploma Tiga Farmasi, Politeknik Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Muhammad Tasjiddin Teheni Prodi Diploma Tiga Farmasi, Politeknik Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Evi Mustiqawati Prodi Diploma Tiga Farmasi, Politeknik Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Keywords:

Formularium, Obat, Analisis, Evaluasi, Dinas Kesehatan Baubau

Abstract

Latar Belakang: Formularium untuk menetapkan penggunaan obat aman, meningkatkan penggunaan obat rasional, mengendalikan biaya, mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada pasien. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses perumusan, implementasi dan evaluasi formularium Dinas Kesehatan Kota Baubau.

Motode: Penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan cross sectional dimana data masing-masing unit analisis diambil dalam satu waktu.

Hasil: Dinas Kesehatan Kota Baubau mulai merumuskan Formularium pada tahun 2019, melibatkan semua stakeholder terkait. Formularium Kota Baubau ditetapkan melalui Keputusan Kepada Dinas Kesehatan Kota Baubau Nomor; 440/2001 Tahun 2019, formularium ini dibuat atas dasar kondisi sebaran penyakit di Kota Baubau dan perlu adanya perlindungan hukum bagi dokter yang meresepkan obat di luar formularium nasional. Jumlah obat ada pada formularium daerah sebanyak 246 item, 173 (70%) item ada dalam formularium nasional dan 73 (30%) item obat diluar formularium nasional. Evaluasi secara resmi belum dilaksanakan, namun dari pengamatan yang dilakukan, ada banyak obat yang tercantum di dalam formularium tidak bisa diadakan karena satu-satunya sumber anggaran adalah anggaran dari dana alokasi hhusus kesehatan.

Kesimpulan: Formularium Dinas Kesehatan Kota Baubau telah ada, dalam proses penyusunan melibatkan semua stakeholder terkait dan menjadi rujukan pengadaan obat pada dinas kesehatan dan puskesmas.

References

Aritonang, J. (2017). Analisis Formularium RSUD Cimacan Tahun 2017, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(2): 88-99.

Fedrini, S. (2015) Analisis Sistem Formularium 2013 Rumah Sakit St. Elisabeth-Bekasi, Jurnal Administrasi Sakit Indonesia, 1(2): 71-78.

Kementerian Kesehatan (2018) Permenkes No. 54 tahun 2018 tentang penyusunan dan penerapan formularium nasional dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan, Jakarta, Kemkes.

Kementerian Kesehatan (2021) Permenkes No. 8 tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2021, Jakarta, Kemkes

Moleong, L. J. (2004) Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Narulita W. S., dan Aprianti E. (2020) Evaluasi Kesesuaian Peresepan Suplemen Terhadap Formularium Rumah Sakit Pada Pasien Rawat Inap Di Instalasi Farmasi Salah Satu Rumah Sakit Umum Swasta Kota Bandung, Jurnal Health Sains, 1 (4): 235-242

Nugroho, R. (2007) Analisis Kebijakan, Jakarta, Gramedia.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Azanuddin, Teheni, M. T. ., & Mustiqawati, E. . (2021). Formulary Analysis of Baubau City Health Departement. JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition, 1(1), 68–74. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoPHIN/article/view/3

Issue

Section

Articles