Association of Mother's Knowledge About Lactation With Exclusive Breastfeeding in the Working Area of Pampang Public Health Center, Makassar City

Authors

  • Andi Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Iskandar Zulkarnaen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Harthalena Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

Keywords:

pengetahuan ibu, laktasi, pemberian ASI eksklusif

Abstract

Latar Belakang: Menurut WHO, ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan selama usia bayi 0-6 bulan tanpa diberikan cairan lain ataupun zat padat lain.  Laktasi adalah segala upaya yang dilakukan untuk membantu ibu mencapai  keberhasilan dalam menyusui bayinya. Kota Makassar masih masuk dalam daerah dengan jumlah berian ASIeksklusif rendah, dari data yang didapat dari puskesmas Pampang  ada 160 bayi dan hanya 142 yang mendapatkan ASI eksklusif. Tujuan survei ini untuk mengetahui apakah ada hubungan pengetahuan ibu tentang laktasi dengan pemberian ASI eksklusif,

Metode: Penelitian ini mengunakan jenis penelitian analitik untuk rancangan coross sectional. Jumlah populasi sebanyak 142 bayi. Sampel untuk penelitian yakni ibu mempunyai anak 6-12 bulan jumlah sampel dalam penelitian ini  sebanyak 59 ibu dengan teknik mengambilan sampel yaitu Purposive sampling, dan instrumen yang digunakan adalah Kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian uji Statistic dengan gunakan Uji Chi-square  memperoleh p Value 0,000 < α 0.05. Sehingga disimpulkan terdapat Hubungan Antara Pengetahuan Ibu tentang laktasi dengan pemberian ASI eksklusif.

Kesimpulan: Simpulan ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang laktasi dengan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Pampang Kota Makassar. Untuk meningkatkan Gizi anak dan pengetahuan ibu  yang cukup tentang laktasi. Saran pada ibu bayi agar selalu diberi ASI

References

Agesti, N. 2021. hubungan pengetahuan ibu tentang Manejemen Laktasi Dengan Pemberian Di Desa Kadugemblo Pandeglang. Jurna Kesehatan STIkes IMC Bintaro, (4)1: 1.

Anwar , Seniwaty. 2021. Tingkat Dukungan Keluarga Tehadap ibumenyusui diWilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Kakassar. Jurnal Kesehatan Luwu Raya 7(2): 181. Makassar.

Chomaria, N. 2020. ASI untuk anakku bayi kuat generasi hebat. cetakan pertama. PT Elex Media Computindo. Jakarta

Guardi S, Martini, dkk. 2020. hubungan tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan pemberian ASI eksklusif DiPuskesmas Balaraja. Jurnal Indonesia Midwifwry 3(1): 33-34. Tangeran

Handaniyanti S, Pratiwi, dkk. 2019. hubungan antara pengetahuan ibu tentang Manejemen laktasi dengan keberhasilan pemberian ASIeksklusif. jurnal forilkesuit 2(2): 65. Mataram.

Hutagaol, A. 2018. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Manejemen Laktasi Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia. Jurnal Keperawatan Imelda, 4(2): 565. Jakarta.

Nurafia , H. E. 2020. Hubungan Pengetahuan ibu tentang Manejemen laktasi dengan perilaku pemberian ASIEksklusif. jurnal kesehatan 9(1): 1-2.

Saudia, P. 2019. upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ibu menyusui dalam pemberian terapy komplementer massage endrophin dan pijat laktasi di Kelurahan Dasa cermen . jurnal pengemas sasambo 1(1): 47-48.

Seowondo, Ayulestari. 2019. analisis Sisodemografi terhadap pemberian ASI eksklusif di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal MKMMI 15(1): 91-92.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Wahyuni, A. ., Zulkarnaen, I., & Harthalena. (2021). Association of Mother’s Knowledge About Lactation With Exclusive Breastfeeding in the Working Area of Pampang Public Health Center, Makassar City. JoPHIN: Journal of Public Health and Industrial Nutrition, 1(1), 61–67. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoPHIN/article/view/23

Issue

Section

Articles