The Factors That Relation With The Level Density In The House Of Flies About Landfill Waste Manggala Village District Tamangapa In Makassar City

Authors

  • YUSRIYANTO YUSRIYANTO Institut Teknologi Kesehatan Tritunas Nasional

Keywords:

Jarak Rumah dari lokasi TPA, Suhu, Kelembaban.

Abstract

Abtrak

Latar Belakang: Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak persoalan, yang saat ini tengah dihadapi oleh Pemerintah Kota Makassar, khususnya dalam pengelolaan sampah yang ada, kini seluruhnya dilakukan di TPA Kelurahan Tamangapa, yang berlokasi di kecamatan Manggala, dengan luas sekitar 14.3 Ha. Berdasarkan Data Status Lingkungan Hidup Daerah bahwa timbulan sampah untuk Kota Makassar adalah 3918 m3 per hari (Bapedalda, 2012)

Motode: Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional Study, untuk mengetahui hubungan variabel independen dan dependen pada periode waktu yang sama, Penelitian ini dilakukan di sekitar lokasi TPA Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian dilakukan selama + 1 bulan. Penelitian ini direncanakan pada bulan oktober 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 183 rumah.

Hasil: hasil enelitan terdapat jarak rumah dari lokasi TPA tidak memenuhi syarat dan tingkat perkembangan lalat padat sebanyak 86,2%, suhu yang sesuai dan tingkat perkembangan lalat padat sebanyak 70,6%, kelembaban yang sesuai dan tingkat perkembangan lalat padat sebanyak 74,1%. Jarak rumah dari lokasi Tempat Pembuangn Akhir (TPA) sampah berhubungan dengan tingkat kepadatan lalat. Suhu berhubungan dengan tingkat kepadatan lalat.Kelembaban berhubungan dengan tingkat kepadatan lalat.

Kesimpulan: Dianjurkan bagi masyarakat pada umumnya agar tidak membangun rumah dekat dengan lokasi TPA, adapun bagi masyarakat yang telah bermukim di sekitar lokasi TPA sampah Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar agar melakukan program kasanisasi pada setiap rumah untuk menghindari lalat masuk ke rumah dan melakukan penyemprotan insektisida secara berkala.

Menjaga suhu agar berada pada kisaran yang tidak sesuai bagi perkembang biakan lalat.

 

Kata Kunci: Jarak Rumah dari lokasi TPA, Suhu, Kelembaban.

 

References

Adelia Bayu Isfandiari, 2009. Perbedaan Genus Larva Lalat Tikus Wistar Mati Pada Dataran Tinggi Dan Rendah Di Semarang. www.eprints.undip.ac.id. Diakses pada tanggal 29 April 2018.

Aptika, 2010. Pengolahan Sampah Perkotaan. www.aptika.blog.uns.ac.id. Diakses pada tanggal 29 April 2010.

Arda Dinata, 2008. Sampah Terbengkalai, Lalat Siap Suplai Penyakit. www.blokspot.com. Diakses pada tanggal 19 Juni 2015.

Audry Wulan, 2009. Pengukuran Kepadatan Lalat di Area TPA Ngronggo Salatiga. www.blogger.com. Diakses tanggal 7 Februari 2015.

Azwar, Azrul, 1990. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan . Mutiara Sumber Widya, Jakarta.

Bulekbasandiang, 2009. Pengelolaan TPA Berwawasan Lingkungan. www.bulekbasandiang.wordpress.com. Diakses tanggal 30 Juli 2021.

Devi Nuraeni Santi, 2001. Manajemen Pengendalian Lalat. www.library.usu.ac.id, diakses pada tanggal 28 April 2010.

Dinkes Propinsi Sul-Sel, 2018. Petunjuk Teknis Program Pembangunan Desa Sehat Propinsi Sulawesi Selatan. Makassar

Dinkes Sul-Sel, 2008. Kesehatan dan UU Pengelolaan Sampah. www.dinkes-sulsel.go.id.htm diakses tanggal 21 Maret 2010.

Djuli Murtadho & Gumbira Sa’id, E.1988, Penanganan Dan PemanfaatanLimbah Padat. Edisi pertama, cetakan pertama, Mediyatama Sarana Perkasa, Jakarta.

Mogopiyaibonews, 2008. Studi Kelayakan Sampah TPA. www.mogopiyaibonews.wordpress.com. Diakses pada tanggal 23 Juli 2015.

Rollit , 2010. Batas Pembuangan Sampah Terbuka Ke TPA 2010. www.automotive.id.finroll.com . di akses pada tanggal 29 April 2022.

Soedjajadi Keman, 2005. Kesehatan Perumahan dan Lingkungan Pemukiman. www.journal.unair.ac.id. Diakses tanggal 20 April 2015

Downloads

Published

23-06-2023

How to Cite

YUSRIYANTO, Y. (2023). The Factors That Relation With The Level Density In The House Of Flies About Landfill Waste Manggala Village District Tamangapa In Makassar City . Journal of Environmental and Safety Engineering, 2(2), 153–160. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/jese/article/view/132

Issue

Section

Articles