Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar

Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar

Authors

  • Habibi STIKES Gunung Sari
  • Muh Rusdi STIKES Amanah

Abstract

Aspek kesehatan salah satu bagian dalam meningkatan kesejahteraan manusia Indonesia agar optimal untuk mendukung setiap aktifitas keseharian. Elemen dasar menentukan baik atau buruknya tingkat pelayanan oleh pemberi pelayanan rumah sakit adalah kepuasan. Pengukuran ini penting demi keberlangsungan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Desain penelitian didasarkan pada tujuan penelitian yakni “Deskriptif analitik” dengan jumlah sample yakni 99 orang.

Hasil penelitian menunjukkan dari 99 responden, jumlah responden dengan Kepuasan Pasien kategori puas masih lebih dominan yakni 89,9% sementara sisanya 10,1% kategori tidak puas.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah Kepuasan Pasien kategori puas lebih dominan dibandingkan kategori tidak puas di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Disarankan kepada petugas Rumah Sakit untuk lebih konsisten menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Habibi, & Rusdi, M. (2024). Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar: Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Journal of Hospital Administration Research and Management, 3(1), 8–19. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoHARMA/article/view/315

Issue

Section

Articles