Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar
Gambaran Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar
Abstract
Aspek kesehatan salah satu bagian dalam meningkatan kesejahteraan manusia Indonesia agar optimal untuk mendukung setiap aktifitas keseharian. Elemen dasar menentukan baik atau buruknya tingkat pelayanan oleh pemberi pelayanan rumah sakit adalah kepuasan. Pengukuran ini penting demi keberlangsungan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Desain penelitian didasarkan pada tujuan penelitian yakni “Deskriptif analitik” dengan jumlah sample yakni 99 orang.
Hasil penelitian menunjukkan dari 99 responden, jumlah responden dengan Kepuasan Pasien kategori puas masih lebih dominan yakni 89,9% sementara sisanya 10,1% kategori tidak puas.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Kepuasan Pasien kategori puas lebih dominan dibandingkan kategori tidak puas di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Disarankan kepada petugas Rumah Sakit untuk lebih konsisten menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Hospital Administration Research and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.