Analisis Kecukupan Gizi Sarapan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen Manado Tua Kecamatan Singkil Kota Manado
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi anak usia sekolah dengan prestasi belajar siswa SMP N 02 Songgom. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah crossectional. Populasinya adalah semua siswa kelas VII. di SMP N 2 Songgom, sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa SMP N 02 Kelas VII A dan VII E sebanyak 60 anak. dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data untuk status gizi dilihat dari nilai IMT anak yang didapat dari pengukuran berat badan dan tinggi badan siswa SMP N 02 Songgom. Data prestasi belajar siswa merupakan data sekunder yang diperoleh dari nilai raport siswa. Analisis menggunakan uji chi Square untuk mengetahui hubungan antara variabel dependent dan variabel independent. Hasil penelitian diperoleh siswa dengan status gizi yang baik memiliki tingkat restasi yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu status gizi (p<0,005) terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 02 Songgom. Kekuatan hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa sebesar 1,56 yang artinya siswa yang memiliki status gizi normal memiliki peluang mendapatkan prestasi belajar siswa yang baik 1,56 kali lebih baik dibandingkan siswa yang kebiasaan sarapannya kurang.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Gizi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Hospital Administration Research and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.