Relation Of PerceptionWith The Utilization Of National Health Insurance By Leprosy Patients At Dr Tadjuddin Chalid Hospital

Authors

  • Muhammad Nurshabri Abdillah Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Nur Inayah Rauf Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional

Keywords:

Predisposisi (persepsi), Rumah Sakit, Jaminan Kesehatan Nasional

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan dalampenelitian ini adalah hubungan predisposisi dengan pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh pasien kusta di Rumah Sakit DR. Tadjuddin Chalid Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan predisposisi (persepsi) dengan pemenfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh pasien kusta.

Motode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 pasien kusta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 134 dengan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara predisposisi (persepsi) dengan tingkat pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pada aspek persepsi berada pada kategori baik yakni (76.19%), dengan kategori sangat kuat sedengkan sebaliknya (16.00%) diterangkan oleh faktor lain atau Epsilon.

Kesimpulan: Dengan demikian, semakin baik faktor predisposisi (persepsi) maka bubungan positif pada tingkat pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh pasien kusta dan sebaliknya semakin buruk predisposisi (persepsi) akan berhubungan erat pada rendahnya tingkat pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional pada Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. 

References

Dinas Kesehatan Kota Makassar, (2014), Buku Saku Dinas Kesehatan Kota Makassar Tahun 2014. Makassar: Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2015), InfoDatin: Kusta. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kemenkes.

Notoadmojo, S, 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Rumah Sakit Kusta Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.

Purti, Mia Eka, (2015), Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Kusta Di Kabupaten Padang Pariaman, Padang: Universitas Andalas.

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

WHO.2014. Weekly Epidemiological Record, Diakses dari: www.who.int. Tanggal akses 14 Februari 2017.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Abdillah, M. N., & Rauf, N. I. (2022). Relation Of PerceptionWith The Utilization Of National Health Insurance By Leprosy Patients At Dr Tadjuddin Chalid Hospital. Journal of Hospital Administration Research and Management, 1(2), 1–5. Retrieved from https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoHARMA/article/view/104

Issue

Section

Articles