The Level of Satisfaction of the Inpatient Attending National Health Care at the Local Hospital Disctrict Muna
Keywords:
Kepuasan pasien, jaminan nasional kesehatan, rawat inapAbstract
Latar Belakang: Kualitas layanan perawatan kesehatan di Negara berpenghasilan rendah dan menengah cederung mengabaikan pelayanan kesehatan dasarnya. Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Indonesia berupaya meningkatan kualitas pelayanan publik khususnya dibidang kesehatan. Tujuan penelitian adalah mengetahui Tingkat kepuasan pasien rawat inap peserta JKN di RSUD Kab. Muna.
Motode: Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. dengan jumlah sample 242 orang dengan teknik pengambilan sample adalah random sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan metode analisis univariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada persepsi pasien terhadap tangible sebesar 163 responden (67,4%), reliable sebesar 181 responden (74,8%), responsiveness sebesar 181 responden (74,8%), security sebesar 231 responden (95,5%), understanding the customer sebesar 177 responden (73,1%).
Kesimpulan: Bahwa kategori tangible di RSUD Kab.Muna sebesar 98.2%, reliable sebesar 90.1%, Responsiveness sebesar 90.1%, security sebesar 88.3%, dan kategori understanding the customer sebesar 89.8 %. Diharapkan bagi pihak di RSUD Kab. Muna untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
References
Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461
Antara, H., Pelayanan, M., & Kepuasan, D. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.
Ayyi Puteri Pujaswari, Fadila, N., & Febiana, C. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Rsud Lembang. Jurnal Menara Medika, 3(1), 66–73. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2199&ved=2ahUKEwja66i_paDtAhU263MBHdUiAsUQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0bUdEhasRIBe0InxidlHJo
BPJS Kesehatan. (2022). Manfaat Program JKN-KIS Makin Luas. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2017/535/Manfaat-Program-JKN-KIS-Makin-Luas
Dentomaksilofasial, D. R., Gigi, F. K., Mada, U. G., & Mada, U. G. (2017). Kualitas komunikasi dan kepuasan pasien dalam pelayanan radiogra kedokteran gigi RSGM Prof . Soedomo Kartika Simatupang * , Isti Rahayu Suryani ** , Rini Widyaningrum ** , Rosa Amalia *** kecewa seseorang yang muncul setelah mem- hubungan antara tingkat. 3(1), 35–42.
Departemen kesehatan indonesia. (2019). sistem kesehatan nasional.
Hanifaty. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna) [universitas muhammadiyah malang]. https://eprints.umm.ac.id/41040/
Siregar, N. R., Boy, E., Fujiati, I. I., & Isnayanti, D. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan Tahun 2017 Customer Satisfaction Index of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial on Health Service at Puskesmas Medan Area Selatan in 2017. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(2), 78–91.
Soedargo, B. P. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Bpjs Kesehatan Di Rs Melania Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 295–302. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.278
Basri, Ahmad Hasan dan Dadang Filani Leoganda. “Hubungan Fasilitas Ruang Rawat Inap Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS (The Relationship Between In Ward Facilities With The Level Of Bpjs Patient Satisfaction)”. Journals Ners Community, vol. 07 no. 1 (Juni 2016). http://journal.unigres.ac.id/index.php/JNC/article/download/113/111 (Diakses 19 Maret 2022).
BPJS Kesehatan, 2022. Manfaat Program JKN-KIS Makin Luas. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2017/535/Manfaat-Program-JKN-KIS-Makin-Luas. Dikutip 19 maret 2022.
Khariza, Hubaib Alif. “Program Jaminan Kesehatan Nasional: Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya”. Jurnal Manajemen Publik, vol. 03 no. 1 (Januari –April 2015). http://journal.unair.ac.id/download-fullpaperskmp538de1de6ffull.pdf (Diakses 19 Maret 2022).
Hanifaty, Wa Ode Nurlaily (2017) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
Margaret E Kruk, et al, 2017. Measuring quality of health-care services: what is known and where are the gaps?. https://apps.who.int/iris/handle/10665/338689?search-result=true&query=health+facilities+and+services+utilization&scope=%2F&rpp=10&sort_by=score&order=desc. Dikutik 19 Maret 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JoHARMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.